Searching...
Friday, May 9, 2014

5 Daftar Content Management System (CMS) Terpopuler di Dunia

Sebelum saya melanjutkan penjelasan lebih detail macam-macam Content Management System (CMS) yang terpopuler di dunia, alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu sebenarnya Content Management System (CMS) ??

Baiklah, Sistem manajemen konten (Inggris: content management system, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

   - aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
   - aplikasi pengiriman isi (content delivery application, CDA)

Elemen CMA digunakan untuk mengelola konten yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML untuk mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi dari suatu situs web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut.

Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan.

CMS merupakan situs web yang menerapkan sistem ini berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbaharui situs webnya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/intitusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya kedalam website tanpa prosedur yang sulit. (sumber)

Dibawah ini akan saya paparkan 5 daftar Content Management System (CMS) yang terpopuler di dunia versi www.1nfo-benchmark.com, diantaranya :

1. Wordpress

http://adf.ly/mCZu6


Siapa yang tak mengenal wordpress? Wordpress adalah salah satu jenis Content Management System (CMS) paling banyak digunakan di dunia untuk sekarang ini. CMS yang satu ini sangat populer di seluruh dunia. karena popularitasnya dan memiliki jumlah komunitas / pengguna yang sangat besar, pengembangan CMS ini sangat pesat. dan saat ini anda dapat menggunakan WordPress untuk mengelola konten website yang kompleks. Bagi anda yang kepingin mencoba cms yang satu ini, bisa mendownload aplikasinya disini.

2. Joomla

http://adf.ly/mCaFp


Joomla merupakan salah satu CMS terbaik dan yang penggunanya juga sangat banyak di dunia, cms ini sangat cocok untuk membuat website perusahaan atau internet, majalah online, forum, dan sebagainya. Joomla memiliki banyak fitur serta banyak pilihan modul dan komponen tambahan yang akan meningkatkan kualitas website anda dan akan meningkatkan kepuasan pengunjung website. Untuk bisa menggunakan cms Joombla anda dapat mendownload aplikasinya disini.
3. Drupal CMS

http://adf.ly/mCbBr


Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, Drupal dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite,MariaDB dan juga MsSQL. Web server yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-platform seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan FreeBSD.  Drupal dapat anda download di situs resminya disini.
4. Silverstripe CMS
http://adf.ly/mCbla


Adalah CMS yang memiliki fitur yang sangat lengkap dan dan mampu melakukan apa saja yang kita mau, silverstipe di bangun dengan PHP dengan kerangka shapire, sehingga bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan. Silverstive juga menyediakan control secara penuh terhadap pembuatan halaman HTML, desain, basisdata, form, dan sebaginya. Cms yang satu ini fiturnya cukup komplit dan patut untuk dicoba. Untuk aplikasinya dapat anda download disini.

 5. Lokomedia

http://adf.ly/mCcE2


CMS yang satu ini adalah salah satu CMS buatan lokal yang tidak kalah fiturnya. Selain mudah dalam installasi dan penggunaanya, akhir-akhir ini penggunanya mulai meningkat, hal ini mungkin sangat wajar karena pengembang CMS ini terus melakukan langkah-langkah pembaruan, baik itu pada modul maupun security nya. Perlu diketahui juga CMS LOKOMEDIA tidak di komersilkan alias gratis jadi kita boleh mengedit dan merubah sesuka hati keseluruhan isi CMS tersebut. Untuk dapat menginstall CMS Lokomedia di lokal komputer anda, anda dapat mempelajari dari link referensi nya disini.

0 comments:

Post a Comment

Maaf, kami tidak menerbitkan komentar berupa spam,sara,dan kata2 yg tidak sopan di blog ini.Silakan berikan komentar yang membangun dan memotivasi blog ini. Terimakasih !!

Salam by Mr. Benchmark

Info Undangan Murah

 
Back to top!